Apakah Benar Ramalan Jayabaya Notonegoro Bisa Buktikan Pemilu 2024? Ini Fakta-faktanya

SEBAGIAN besar masyarakat Indonesia sangat percaya dengan mitos, klenik, hingga ramalan-ramalan. Salah satu ramalan terpopuler di Nusantara khususnya Pulau Jawa adalah ramalan Jayabaya Notonegoro yang memprediksi pemimpin Indonesia.

Menjelang Pemilu 2024, ramalan-ramalan kuno tersebut turut jadi perbincangan kembali.

Lalu apakah benar Ramalan Jayabaya Notonegoro bisa buktikan hasil Pemilu 2024?

Ramalan Jayabaya Notonegoro diambil dari buku karangan Sunan Giri Prapen dan Pangeran Wijil I, tokoh Kerajaan Demak abad 16 Masehi.

 BACA JUGA:

Mereka menggunakan nama Jayabaya, Raja Kediri pada abad ke-12 yang dikenal juga sebagai pujangga. Jayabaya merupakan sosok yang menerjemahkan kisah Mahabharata yang sebelumnya ditulis dalam bahasa Sansekerta ke bahasa Jawa.

Lalu apa arti Notonegoro?

Notonegoro berasal dari lima suku kata yang masing-masing punya arti tersendiri. Pertama “No” kependekan dari Noto yang artinya mengatur.

Kedua “To” kependekan dari “Toto” yang artinya benar atau tepat. Ketiga “Ne” singkatan dari Nego yang artinya negara atau bangsa. Keempat “Go” kependekan dari Goro yang artinya kerja atau usaha. Kelima “Ro” singkatan dari Roro yang artinya perempuan.

Maka dari itu, Notonegoro diartikan sebagai orang yang mengatur negara dengan benar, penuh kerja keras, dan didampingi perempuan.

Banyak orang kemudian mencocokkan ramalan sosok Natonegoro dengan pemimpin Indonesia sejak era kemerdekaan.

 BACA JUGA:

Berikut nama-namanya :

1. Soekarno

Presiden pertama Indonesia yang bernama lengkap Kusno Sosrodihardjo. Namanya dianggap mengandung suku kata no dan ro.

Soekarno berasal dari Blitar, dekat Kediri yang merupakan wilayah asal Jayabaya. Soekarno memimpin didampingi Fatmawati sebagai Ibu Negara.

2. Soeharto

Presiden kedua Indonesia bernama lengkap Muhammad Soeharto, mengandung kata to dan ro. Soeharto berkuasa selama 32 tahun sebelum diturunkan oleh mahasiswa dan masyarakat sipil.

Soeharto berasal dari Yogyakarta, bagian dari wilayah Majapahit, kerajaan penerus Kediri. Dalam memimpin Soeharto didampingi Ibu Negara Siti Hartinah atau Tien asal Solo.

 BACA JUGA:

3. Megawati Soekarnoputri

Presiden kelima Indonesia yang merupakan anak dari pasangan Soekarno dan Fatmawati. Megawati yang merupakan Presiden wanita pertama Indonesia bernama lengkapnyaDyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri, mengandung kata ne dan ro.

4. Susilo Bambang Yudhoyono

SBY merupakan Presiden keenam Indonesia. Dua periode memimpin Indonesia dari 2004 hingga 2014, nama SBY mengandung suku kata no dan yo.

Yo dianggap singkatan dari Yogyakarta, tempat kelahirannya. Dia didampingi oleh Kristiani Herawati, wanita Yogyakarta yang dikenal sebagai Ani.






Follow Berita Okezone di Google News



Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya













 

Updated: Februari 13, 2024 — 9:51 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *