Presiden Jokowi: Pemerintah Tampung Sementara Pengungsi Rohingya

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah Indonesia sementara ini akan menampung pengungsi Rohingya. Meskipun, saat ini jumlah pengungsi Rohingya di Indonesia terus bertambah.


“Saya sampaikan bahwa sementara, sementar kita tampung,” kata Jokowi kepada awak media usai meresmikan Stasiun Pompa Ancol Sentiong, Jakarta Utara, DKI Jakarta, Senin (11/12/2023).

 BACA JUGA:

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan bahwa Pemerintah terus melakukan pembicaraan dengan organisasi internasional salah satunya UNHCR yang merupakan organisasi di bawah PBB yang menangani masalah pengungsi. Apalagi, saat ini ada penolakan dari masyarakat lokal masuknya pengungsi Rohingya.

“Sementara, dan kita masih berbicara dengan organisasi-organisasi internasional, UNHCR, dan lain-lain, karena memang masyarakat lokal tidak menginginkannya,” pungkasnya.

Sebelumnya, Jokowi pada Jumat (8/12) lalu, mengungkapkan ada keterlibatan jaringan Tindak Pidana Perdagangan Orang dalam masuknya pengungsi Rohingya ke Indonesia, khususnya wilayah Aceh.

 BACA JUGA:

“Saya memperoleh laporan mengenai pengungsi Rohingya yang semakin banyak, yang masuk ke wilayah Indonesia terutama Provinsi Aceh. Terdapat dugaan kuat ada keterlibatan jaringan tindak pidana perdagangan orang dalam arus pengungsian ini,” kata Jokowi.

Jokowi pun memastikan pemerintah akan menindak tegas pelaku TPPO. “Pemerintah Indonesia akan menindak tegas pelaku TPPO.”

Baca Juga: Tumbuhkan Laju Daur Ulang, Coca-Cola Gandeng Grab Gaungkan Program Recycle Me





Follow Berita Okezone di Google News



(qlh)












 

Updated: Desember 11, 2023 — 6:09 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *